Yamaha Tom Kipp dan Yamaha YZF750R Si Supercepat

Yamaha Tom Kipp dan Yamaha YZF750R

Yamaha Tom Kipp dan Yamaha YZF750R

Yamaha Tom Kipp dan Yamaha YZF750R Si Supercepat – Ancaman terbesar bagi kembalinya Tom Kipp AMA 750 SuperSport Championship bukan berasal dari rival sekota Fred Merkel tapi dari ruang rapat AMA Racing sebagai sesuatu yang sangat tidak masuk akal seperti dokumen yang hilang. Tepat sebelum titik tengah musim ini, Mr K memiliki keunggulan 30 poin yang nyaman atas nemesis utama Merkel dan Yoshimura Suzuki GSX-R750. Kemudian AMA mengumumkan bahwa Yamaha gagal memenuhi persyaratan homologasi untuk model ’96 awal rilis ‘pada batas waktu Juni, dan sepertinya Kipp akan kehilangan semua poinnya dan kesempatan untuk mempertahankan plat nomor satu. Untungnya bagi Kipp dan kru Vance & Hines Racing, Dewan Banding AMA memihak Kipp dan mengembalikan poinnya, yang memungkinkannya melanjutkan musim ini dengan model ’94 ‘yang homolog (tidak ada ’95 YZF750R yang dibawa ke AS).

Sejak saat itu, kejuaraan Kipp kalah, yang sering kali berarti berada di posisi kedua di belakang Merkel si pembawa kabar. “Itu dua pola pikir yang berbeda,” Kipp menjelaskan. “Merkel jatuh dua kali di awal musim dan dia tidak akan rugi. Satu-satunya yang bisa dia lakukan adalah pergi keluar dan memenangkan perlombaan dan mencoba membuatku melakukan kesalahan. Saya tidak suka finis kedua, tapi saya bukan satu-satunya yang bisa menang atau kalah dalam kejuaraan itu. Saya memiliki seluruh tim yang sangat penting bagi kejuaraan, jadi pergi keluar dan membuat kesalahan karena kebanggaan akan menjadi bodoh. Saya suka memenangkan perlombaan, tapi saya suka memenangkan kejuaraan, “kata Tom, melontarkan salah satu senyum khas Boy Boy dari Ohio.

Tapi jangan mendapat kesan bahwa Kipp menaruhnya di cruise control untuk mengumpulkan kejuaraan. “Jangan salah sangka, saya masih mengendarai pantat saya saat finis kedua,” dia cepat menunjukkan. “Saya hanya tidak mau menanggung risiko Fred. Fred menyimpannya sepanjang musim. “

Putaran kami di motor nomor satu Kipp menggarisbawahi betapa kerasnya pelari terdepan AMA. Dilukis dengan skema tanda tangan biru-putih dan perak Honda tanda tangan biru, putih dan perak dengan tatanan sponsor monokromatik, YZF dimulai dengan menekan tombol starter, “seperti sepeda jalanan”, seperti kepala awak Jim Leonard suka menunjukkan. Selain knalpot balap VHR S1R, sepeda Kipp hampir bisa lolos ke stocker, kecuali tingkat intensitas keseluruhannya yang berputar sekitar 20 persen.

Suspensi terasa kencang tapi tidak kaku di lap awal belajar trek. Semakin saya mengambil langkah, semakin baik motor terasa. Upaya pengarah lebih cepat dari pada harga saham namun secara mengejutkan netral, merasa sangat lincah dan bersedia mengubah garis mid-corner tanpa ribut-ribut. Seperti stocker (yang kami pilih sebagai SR Bike of the Year, jangan lupa), sepeda VHR mengilhami kepercayaan diri pada tingkat maksimum dan memberi umpan balik traksi yang lebih banyak lagi. Roda roda belakang minimal, dan YZF cepat menghubungkan ujung-ujungnya. Cara penanganan sepeda itu tidak mungkin salah.

Tapi itu adalah kecepatan wartawan / pembalap yang bersemangat. Klik itu ke drive Kipp warp penuh dan hal-hal yang tidak begitu tenang. “Satu-satunya titik lemah yang kami temukan di motor adalah ujung depan,” Kipp mengakui. “Kami mendapatkan banyak garpu flex dan obrolan saat ujung depan sangat padat.” Tim, termasuk teknisi suspensi Dale Rathwell, mencari solusi, bahkan kembali ke stok garpu untuk beberapa lomba midseason, dengan keberhasilan terbatas. .

Kenapa aku tidak merasakannya? Kipp memiliki penjelasan yang jelas: “Saya suka membajak ujung depan banyak [itu Ohio-berbicara untuk menggeser ban depan]. Pergi ke sudut, saya membajak ujung depan dan saya mengganti garis dengan mengatur throttle untuk meletakkan motor yang saya inginkan. “

Anda mendapatkan ide mengapa dibutuhkan pembalap kaliber Kipp untuk menemukan kelemahan di ujung depan YZF750R. Dia juga dengan cepat menunjukkan kekuatannya. “Ini memiliki chassis Deltabox yang benar-benar keras (kaku) dan ini jauh lebih stabil daripada Suzuki lama saya.”

Kira-kira berapa harga motor yamaha ini ya?? Karena keputusan perusahaan Yamaha menit-menit terakhir untuk beralih dari kompetisi SuperSport 600 sampai 750, tim menuju ke balapan pertama musim ini tanpa satu lap tes tunggal, namun mereka melakukannya dengan percaya diri. “Kami yakin kami akan kompetitif di Daytona berdasarkan angka dyno yang kami dapatkan [124 daya kuda di loket],” kenang Leonard. Kipp mendukungnya. “Itu memiliki puncak yang luar biasa di Daytona – kami seharusnya memenangkan balapan itu!” Kipp tampak bersiap untuk membuat draft pada kemenangan tertentu di lap terakhir sampai Merkel yang ceroboh ketakutan menghadapi lapap malang di jalannya dan merebut kemenangan tersebut.

Pengiriman daya mesin VHR sangat jinak. Karburator renyah di bawah 7000 rpm, dengan daya yang dipukul dengan kencang melewati 9500 rpm dan terus berlanjut sampai memberi tanda pada pembatas rev pada 13.800 rpm yang ditunjukkan (tingkat harus dibaca tinggi menurut Leonard). Itu adalah powerband yang sangat luas dan area lain yang Kipp puji sebagai kekuatan YZF750R. Namun, untuk semua kekuatannya, Yamaha mengalami kesulitan dalam menyamai akselerasi Suzek Yoshimura yang semakin cepat. Tim mengaitkan ini dengan perbedaan cara mesin menggerakkan kopling starter dan alternator-Yamaha dengan rantai hyvo dan Suzuki dengan gear drive. Namun, tidak ada yang memperdebatkan keuntungan akhir YZF dan powerband yang lebih luas.

Dan tidak ada yang membantah lempeng nomor satu yang berhasil dipertahankan Kipp tahun ini – kejuaraan AMA SuperSport ketiganya dalam empat tahun. Poin lain dari kebanggaan tim adalah motor ini mewakili usaha pertama Motor Yamaha yang didukung pabrik di kelas 750 SuperSport. Itu datang dalam kumis memenangkan peti di Daytona dan baru saja mendapat kekuatan dari sana.