Mebel Jepara Sebagai Produsen Gebyok

Mebel Jepara Sebagai Produsen Gebyok

Mebel selama ini telah menjadi produk Andalan dari salah satu provinsi di Indonesia, yakni Jepara. Mebel Jepara dikenal sebagai salah satu mebel terbaik di Indonesia bahkan hingga seantaro dunia. Desain yang unik dengan karakteristik khas Jawa menjadikan mebel ini menonjol apabila dibandingkan dengan mebel lain. Karakteristik khas Jawa tersebut dapat kita temui pada ukiran-ukiran rumit sebagai hiasan utama mebel. Tidak hanya itu, desain yang tradisional namun tetap elegan juga menjadikan mebel yang berasal dari Jepara menjadi favorit semua orang. Produsen Jepara terkenal selalu menggunakan bahan-bahan terbaik untuk membuat mebelnya. Salah satunya adalah kayu jati. Kayu jati dikenal sebagai bahan yang paling tahan lama dan mampu mencapai usia ratusan tahun tanpa lapuk, sehingga dipercaya sebagai bahan utama dari mebel yang dibuat di Jepara.

Terdapat beberapa jenis mebel yang bisa kita temui di Jepara. Mebel tersebut dapat berupa meja makan, kursi tamu, lemari hingga gebyok pelaminan. Gebyok sendiri secara sederhana merupakan sebuah partisi ruangan. Perbedaannya, gebyok memiliki karakteristik Jawa yang sangat kental. Kita dapat melihatnya dari desain gebyok itu sendiri. Seperti mebel dari Jepara pada umumnya, gebyok memiliki ukiran-ukiran unik khas Jawa. Semakin rumit desain ukiran yang dibuat, maka semakin tinggi nilai seni yang dimilikinya. Hal inilah yang menjadikan gebyok tidak jarang digunakan sebagai penghias di pelaminan. Pengantin yang menggunakan adat Jawa banyak menggunakan gebyok seperti ini sebagai unsur dekoratif yang tradisional namun tetap terkesan megah.

 

Gebyok jepara memiliki harga yang cukup mahal apabila dibandingkan dengan gebyok lainnya. Hal ini didasarkan atas kualitas kayu yang tinggi serta proses pembuatan yang memakan waktu cukup lama. Ukiran-ukiran yang rumit tersebut tentu tidak dapat diselesaikan hanya dalam waktu semalam, dan untuk mencapai hasil yang indah, maka produsen membutuhkan seorang profesional untuk melakukannya. Oleh karena itu, gebyok yang memiliki ornamen rumit biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Namun, apabila Anda lebih menyenangi gebyok yang sederhana, Jepara juga menyediakan beberapa desain yang sederhana maupun polos.