Cara Membersihkan Noda yang Membandel pada Karpet Masjid

Apakah Anda pernah melihat karpet masjid yang memiliki noda yang membandel? Untuk Anda yang masih bingung dengan bagaimana cara membersihkan kotoran yang sulit untuk dhilangkan, maka artikel kali ini tepat sekali untuk Anda.

Karena, tak dapat dipungkiri bahwa sejumlah karpet memang sering kali terdapat noda yang membandel pada area sela-sela lapisan karpet. Sehingga, untuk membersihkan noda tersebut menjadi sedikit sulit, bila noda yang menempel tersebut sudah terlanjur lama di dalam karpet.

Namun umumnya, noda yang masih baru dan basah itu mudah sekali untuk dihilangkan. Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan air dan kain lap, maka kotoran akan langsung bersih. Beda sekali dengan noda yang terlanjur membandel, diperlukan usaha yang lebih ekstra untuk melenyapkan kotoran tersebut.

Tips Membersihkan Noda pada Karpet Masjid

Kotoran yang berasal dari tumpahan kopi yang terkena karpet ini bila tidak segera dibereskan akan membuat kotorannya semakin melekat dan bahkan menghasilkan kerak. Sehingga, jika karpet masjid ini terkena kopi karena mungkin ada acara buka bersama dan sejenisnya atau pengajian, maka Anda bisa menghilangkan noda kopi tersebut dengan cara di bawah ini:

  1. Siapkan saja sabun cuci piring, sikat gigi bekas, cairan alcohol, kapas, lap bersih, dan juga air bersih.
  2. Teteskan cairan alcohol di bagian noda kopi secukupnya saja dan sikat noda itu memakai sikat gigi hingga hilang dan bersih.
  3. Basuh saja bagian tersebut menggunakan air bersih.
  4. Lap permukaan karpet sampai kering.
  5. Karpet masjid kini kembali bersih.

Kadang kala, masjid juga digunakan untuk mengaji anak-anak, misalnya saja seperti pengganti TPA. Sehingga, sering kali karpet ini terkena noda yang berasal dari tinta. Maka dari itulah, dikarenakan molekul tinta ini bisa terserap ke dalam karpet lebih cepat, sebaiknya lakukan hal di bawah ini agar bisa menghilangkan noda tinta pada karpet masjid, antara lain:

  1. Siapkan jeruk nipis, saus mayonnaise, sikat gigi, lap bersih, air hangat, dan spons.
  2. Campur saus mayonnaise dengan air jeruk nipis sampai merata dan usapkan campuran ini ke bagian noda tinta menggunakan kain lap.
  3. Biarkan sampai nodanya terangkat sampai beberapa menit.
  4. Bersihkan campuran itu dengan air hangat memakai spons, dan keringkat.

Kini karpet masjid sudah kembali bersih!