Kisaran Harga Jual Kambing Qurban 2017 Sesuai dengan Jenis Serta Beratnya

Idul Adha akan datang sebentar lagi dimana umat muslim akan melangsungkan ibadah haji dan ibadah qurban. Ibadah haji dilakukan di tanah suci Mekkah sedangkan ibadah qurban bisa dilakukan dari mana saja seusai dengan lokasi umat pada saat itu. Di Indonesia sendiri ibadah qurban dilakukan dengan cara menyembelih sapi atau kambing sesuai dengan jenis peternakan hewan yang sah untuk dikurbankan. Dari keduanya, kambinglah yang sering dipakai untuk berqurban karena jumlahnya yang juga lebih banyak dan lebih mudah dicari.

 

Kambing memiliki harga jual sepertujuh dari harga sapi. Karenanya jika sapi bisa diusung oleh 7 orang maksimal, maka kambing hanya boleh diatasnamakan oleh satu orang saja. Harga jual kambing qurban 2017 sendiri adalah sekitar Rp. 1,7 juta hingga Rp. 4 jutaan tergantung dari jenis kambingnya dan bobotnya pada saat itu. Harga tersebut masih sangat terjangkau dan bisa dikatakan ringan untuk diusung satu orang dalam menjalankan ibadah qurban.

 

Bukan sembarang kambing yang bisa dikurbankan. Kambing gemuk saja tidak cukup untuk menjadi syarat syahnya berqurban. Ada kondisi lain yang harus diperhatikan agar ibadah qurban Anda sah dan bisa dijadikan ladang pahala kelak. Kondisi tersebut adalah:

 

  • Usia kambing.

Jika Anda ingin berqurban dengan kambing sendiri maka pastikan usianya telah menginjak masa 1 tahun.

 

  • Kondisi fisik.

Pastikan kambing yang akan disembelih bebas dari cacat fisik maupun cacat psikis.

 

  • Sehat.

Pastikan kambing sehat terutama kambing yang Anda beli. Teliti gejala sakit misalnya bersin, mata belekan dan sebagainya tidak terlihat dari kambing yang akan Anda beli.

 

Saat terbaik untuk mulai melakukan persiapan pembelian hewan qurban adalah 2 minggu sebelum hari H. Pada saat itu pilihan hewan ternak yang disediakan penjual masih banyak sehingga Anda lebih leluasa untuk memilih yang sesuai dengan budget dana, kondisi kambing ataupun bobot yang diinginkan. Harga pun masih relatif stabil pada jangka waktu tersebut. Meski membelinya sejak 2 minggu sebelum hari H, Anda bisa menitipkan kambing pada si penjual untuk nanti dikirimkan ke rumah Anda di hari H atau H-1 untuk persiapan lebih matang.

 

Diharapkan dengan semakin banyak umat Islam yang melakukan ibadah qurban, maka akan tercipta kesejahteraan bukan hanya untuk umat Islam saja namun juga untuk semua golongan masyarakat. Bahkan daging kurban bisa didistribusikan hingga ke pelosok nusantara untuk mereka yang membutuhkan. Lembaga tertentu juga bisa mendistribusikan daging kurban Anda pada masyarakat dunia yang terkena musibah misalnya kekeringan atau sedang dalam krisis perang. Dengan berkurban kita bisa meringankan beban yang dipikul saudara kita sesama umat Islam ataupun sesama makhluk ciptaan Allah SWT.