Bangunan Kuno Ini Tetap Kokoh hingga 2.000 Tahun, Rahasianya?

Walau sudah 2. 000 th. berdiri, pelabuhan Romawi Kuno yang terbuat dari beton masih tetap berdiri di selama Eropa. Hal itu kontras dengan konstruksi modern yang gampang hancur cuma dalam hitungan dekade.

Beberapa waktu terakhir beberapa ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki yang membuat bahan bangunan kuno demikian kuat. Dari penemuan itu, mereka merencanakan untuk membuat bangunan modern yang lebih ramah lingkungan. Baca informasi harga bahan bangunan

Sesudah dikerjakan studi, beton yang dipakai untuk membuat dinding pelabuhan Romawi Kuno datang dari kombinasi kapur, air laut, abu vulkanik, serta batu. Gabungan itu hasilkan reaksi possolanic.

Beberapa peneliti temukan kalau unsur-unsur dalam abu vulkanik yang bereaksi dengan air laut bisa menguatkan bahan bangunan itu. Demikian sebaliknya, air laut malah mengikis beton modern.

” Bertentangan dengan prinsip-prinsip beton modern berbasiskan semen, orang Romawi membuat beton serupa batu yang semakin kuat dalam reaksi kimia terbuka dengan air laut, ” tutur pakar geologi Kampus Utah, Marie Jackson, seperti diambil dari Independent, Rabu (5/7/2017).

Periset temukan kalau beton Romawi yang memiliki kandungan aluminum tobermorite, mineral langka yang menaikkan kemampuan ekstra. Saat beton Romawi terserang air laut, tobermorite akan mengkristal serta menebar.

Beberapa periset menyebutkan kalau paparan air laut dalam periode panjang menolong kristal untuk selalu tumbuh. Hal tersebut menguatkan beton serta menghindar retakan supaya tidak berkembang.

Bila sekarang ini kita berpindah ke type beton sama, dipercaya dalam sistem membuatnya bisa kurangi efek negatif untuk lingkungan. Sampai kini, produksi semen modern yang memakai tempat pembakaran bersuhu tinggi yang memberi peran penting pada emisi karbon dioksida.

Jackson menyebutkan, materi itu mesti diperhitungkan untuk bangunan yang terkena dengan air laut. Salah nya ialah laguna gunakan surut yang gagasannya akan dibuat di Swansea, Inggris. baca juga harga batu bata

Menurut Jackson, Laguna butuh beroperasi sepanjang 120 th. untuk tutup cost konstruksi. ” Dapat dipikirkan, lewat cara kita membuat sekarang ini, bangunan itu akan tumpukan baja berkarat waktu itu, ” tutur Jackson.

Tetapi, satu bangunan yang dibuat dari beton Romawi, menurut dia, dapat tetaplah utuh sepanjang beratus-ratus tahun.