Mengulas Beasiswa LPDP Program Afirmasi

Apa itu Beasiswa Afirmasi ?

Beasiswa afirmasi adalah program yang diberikan oleh pemerintah yang sasarannya ialah mahasiswa pascasarja yang akan menempuh kuliah di jenjang S2 ataupun S3. Beasiswa yang tidak termasuk dalam kategori beasiswa D3 D4 ataupun S1 ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh gabungan antara kementrian keuangan, dengan kementrian riset teknologi, kementrian Pendidikan dan kebudayaan serta kementrian agama. Beasiswa afirmasi sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari lima program beasiswa LPDP.

Untuk Siapa Beasiswa Afirmasi ?

Sama halnya dengan beasiswa LPDP program magister dan doktor, Beasiswa afirmasi ditujukan bagi mahasiswa S2 dan S3 baik yang akan menempuh Pendidikan di dalam negeri maupun luar negeri. Bedanya, pemberian beasiswa afirmasi ditujukan bagi mahasiswa yang pada jenjang S1 sebelumnya terdaftar sebagai mahasiswa penerima bidik misi. Selain mantan penerima bidik misi, beasiswa afirmasi juga diberikan kepada mereka yang tinggal di pelosok ataupun perbatasan negera Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan kuota bagi orang pedalaman untuk menikmati kuliah S2 dan S3 tanpa berebut kursi di beasiswa LPDP program magister dan doktor.

Apa Saja yang Didapat Bagi Penerima Beasiswa ?

Bagi mahasiswa yang menerima beasiswa afirmasi, akan diberikan full dana kuliah sehingga mahasiswa tersebut nantinya tidak lagi mengeluarkan uang untuk membayar biaya kuliah di universitas. Selain itu, beasiswa afirmasi juga memberikan dana bantuan kesehatan atau dana asuransi guna menjamin kesehatan penerima beasiswa. Tak hanya itu, dengan menjadi penerima beasiswa ini, kamu akan diberikan uang saku perbulan untuk kehidupan sehari harimu. Selain memberikan bantuan dana Pendidikan, dana asuransi, serta uang saku, LPDP juga memberikan bantuan dana transportasi, uang buku, bantuan seminar, serta masih banyak bantuan lainnya.

Bagaimana ? Tertarik dengan Beasiswa Afirmasi LPDP ini  ?