Harga Kubah Masjid Agung Kabupaten Tegal

Harga Kubah Masjid Agung Kabupaten Tegal

Harga Kubah Masjid Agung Kabupaten Tegal

Harga Kubah Masjid agung kabupaten tegal ada sebuah masjid yang terdapat di kabupaten tegal. masjid ini berdiri di jalan ahmad yani nomor 54 kelurahan procot kecamatan slawi jawa tengah. lokasi masih berada di tempat yang strategis yakni di pinggir jalur selatan tegal purwokerto dan berhadapan dengan tugu poci dan monumen gbn slawi.

Tahap Bangunan masjid

bangunan masjid sekarang adalah hasil renovasi yang dilakukan pada tahun 2007 sampai 2010. masjid ini dapat menampung sekitar 600 jamaah. masjid agung kabupaten tegal ini terdiri dari dua lantai di mana ruang sholat utama berada di lantai dua. keindahan masjid ini tampak pada atap kubah yang berpadu dengan landasan atap meru. di keempat sudut sisinya juga terdapat kubah kecil yang tergaya sama dengan kubah utama.

masjid agung kabupaten tegal ini sekarang menjadi icon atau ciri khas dari kabupaten tegal. masjid agung kabupaten tegal di hari biasa. jika bulan biasa kegiatan rutin sebagai jamaah sholat juga jumlah pengajian dan silaturahmi. untuk berkumpulnya lama dan habib seluruh daerah itu diselenggarakan pada malam senin pahing yang digelar sekaligus pengajian. sedang untuk kegiatan lain yang bersifat syiar islam biasanya dilakukan pada hari selasa bakda ashar. pengisi tausiah kegiatan siar islam di luar bulan ramadan maupun selama bulan suci ramadan diatur oleh pengurus yayasan secara bergiliran juga dibantu oleh sejumlah ulama setempat yang rela memberikan tausiahnya secara sukarela untuk umat islam di sekitar masjid tersebut. berdasarkan catatan yang ada masjid agung tegal ini sejak berdirinya hingga sekarang telah mengalami beberapa kali renovasi.

terdapat pada tahun 1927 ruang paseban masjid direnovasi karena sudah tidak representative lagi. sebagai gantinya dibangunlah kua kantor urusan agama, tempat untuk melangsungkan pernikahan bagi umat islam tegal. kemudian pada tahun 1953 sampai 1954 masjid agung yang terletak di sebelah barat alun-alun kota tegal inipun direnovasi kembali. Bahkan, renovasi dan perlombaan kala itu dilakukan secara besar-besaran. serambi depan masjid diperluas ke arah depan sehingga menyatu dengan kua. untuk memenuhi kebutuhan jamaah akan air wudhu maka pada tahun 1970 tempat duduk sebelah kanan masjid diperbaiki. setelah itu, agar bangunan masjid kelihatan modern maka pada tahun 1985 bagian atap masjid dirombak dan diganti dengan atap tumpang seperti yang tampak sekarang ini. meskipun atapnya tetap telah dirombak, namun bila Harga Kubah masjid ini kita lihat dari arah belakang maka gaya arsitektur yang modern tersebut tidak akan terlihat karena hingga sekarang bagian belakang masjid ini belum pernah direnovasi masih nampak kekunoan. Bagian depan masjid agung tegal ini berlantai 2 dan mampu menampung lebih dari 4 ribu jamaah.

lantai bawah digunakan sebagai ruang utama masjid. Sedangkan, lantai atasnya sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan keislaman seperti pengajian umum bapak dan kaum ibu setiap hari selasa kamis dan sabtu ba’da subuh. pengajian alquran bagi para remaja biasanya diselenggarakan setiap hari rabu kamis dan sabtu malam. pengajian buat masyarakat umum diselenggarakan setiap hari senin pada sebuah. kalau kita telusuri sisi lain sejarah masjid agung tegal ini ternyata ada satu keunikan tersendiri yang terjadi di sana.

pada sekitar tahun 1980-an setiap datang waktu berbuka puasa ramadhan pasti dilakukan pembakaran petasan berukuran besar di halaman masjid ini sebagai tanda sudah masuk waktu maghrib dan berbuka. namun pada karena zaman sekarang sudah menjadi canggih tradisi pembakaran petasan raksasa yang terkesan mubazir itu sekarang sudah ditiadakan. sebagai gantinya tanda waktu berbuka puasa kumandang adzan dengan pengeras suara yang diletakkan di atas menara masjid setinggi 32 m jika disiarkan melalui radio dan televisi sekarang telah marak. Silahkan baca di Harga Kubah Masjid.