Bangunan Masjid-Masjid Tertua di Pulau Jawa

Harga Kubah Masjid Enamel Tertua di Pulau Jawa

Harga Kubah Masjid Enamel Tertua di Pulau Jawa

Sebagai Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, keberadaan bangunan masjid tentunya menjadi salah satu fasilitas yang penting dan pokok terutama untuk tempat beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Itulah mengapa banyak sekali bangunan masjid yang sudah dibangun hampir di setiap tempat dan daerah di Indonesia dengan harga kubah masjid enamel yang tidak main main. Di Pulau Jawa khususnya bangunan masjid sudah tersebar luas dan sudah ada hampir di setiap desa dan dusun. Bahkan ada banyak juga bangunan masjid kuno yang usianya sudah ratusan tahun. Bangunan masjid-masjid kuno yang ada di Pulau Jawa diantaranya seperti:

  1. Masjid Agung Banten

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah dan budaya. Letaknya ada di Kecamatan Kasemen, daerah Banten Lama atau tepatnya 10 km utara Kota Serang. Masjid Agung Banten dibangun pertama kali pada tahun 1552 sampai dengan tahun 1570 oleh putra pertama dari Sunan Gunung Jati, yaitu Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Banten. Masjid dengan perpaduan arsitektur yang unik khas Jawa Hindu, China, dan Eropa ini merupakan bangunan bersejarah tentang perkembangan agama Islam di Provinsi Banten.

  1. Masjid Agung Cirebon

Masjid Agung Cirebon dikenal juga dengan nama Masjid Agung Cipta Rasa atau Masjid Agung Kasepuhan. Letak masjid ini ada di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, bersebelahan dengan Alun-alun Keraton Kasepuluhan, Cirebon, Jawa Barat. Masjid Agung ini juga dikenal sebagai masjid tertua di Cirebon karena konon dibangun pada tahun 1480 M oleh para wali di masa Sunan Gunung Jati memerintah sebagai Sultan pertama di Kesultanan Cirebon. Next : harga kubah masjid enamel terlengkap.

  1. Masjid Al–Alam

Masjid Al-Alam merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang terletak di marunda Besar, Jakarta Utara. Masjid ini dikenal dengan masjid yang penuh dengan nilai sejarah yang tinggi dan merupakan tempat bermain Pitung semasa kecilnya. Itulah sebabnya masyarakat sekitar sering juga menyebutnya dengan nama Masjid si Pitung. Selain itu ada satu keunikan lain dari masjid Al-Alam karena tepat di samping bangunan masjid tersebut terdapat sumur yang konon katanya memiliki 3 rasa sekaligus.

  1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal atau yang sering juga disebut dengan nama Masjid Saka Tunggal Baitussalam merupakan masjid yang konon disebut sebagai masjid tertua dan pertama yang didirikan di Indonesia. Masjid ini berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah. Nama Saka Tunggal sendiri diberikan masyarakat pada masjid tersebut karena di dalam bangunan masjid hanya terdapat satu buah tiang atau saka yang besar. Tiang tersebut berada di tengah bangunan utama masjid dan berfungsi sebagai penyokong utama bangunan masjid. Itulah mengapa masyarakat menyebutnya dengan nama Masjid Saka Tunggal. Selanjutnya : harga kubah masjid enamel jakarta.