Ulasan Seputar Penyebab dan Kiat Cegah Cacingan Pada Anak

Penyakit cacingan pada anak memang begitu beresiko. Kurangnya menjaga kebersihan dapat menjadi faktor yang bisa mendorong penyebab infeksi dari cacingan. Gejala cacingan terkadang terlihat samar. Tetapi, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan. terdapat 3 jenis cacing yang bisa menyebabkan penyakit cacingan.

tanda-dan-penyebab-anak-cacingan-yang-sering-tidak-disadari

3 Jenis Cacing Yang Menyebabkan Sakit Cacingan Pada Anak

  • Cacing Pita Sering Menyebabkan Cacingan Pada Anak

Pertama, cacing pita. Cacing pita memiliki bentuk seperti pita dengan ruas di seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa mencapai 9 meter. Cacing ini memasuki tubuh manusia saat tangan bersentuhan dengan tinja yang memiliki kandungan telur cacing berdekatan dengan makanan atau mulut yang telah terkontaminasi. Daging sapi, ikan dan babi mentah diketahui bisa menyebabkan cacing pita masuk dalam tubuh manusia. Cacing ini hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing seperti sakit perut yang diikuti dengan diare dan muntah. Namun bisa saja infeksi cacing ini tidak menimbulkan gejala dan dianggap sebagai penyakit lain. Untuk mengetahui dengan pasti apakah seseorang menderita infeksi karena cacing pita atau tidak, bisa dengan memeriksakan tinja. Biasanya cacing pita akan berbentuk seperti biji beras.

  • Cacing tambang juga menyebabkan cacingan yang menyerang anak

 Kedua, cacing tambang. Cacing tambang juga menyebabkan cacingan yang menyerang anak. cacing tambang memiliki bentuk larva dewasa dan bisa hidup dalam usus halus manusia. Cacing ini bisa menjangkiti binatang peliharaan seperti kucing dan anjing. Biasanya, kita dapat terinfeksi cacing ini karena berinteraksi dengan tanah lembab yang di dalamnya bersarang cacing tambang. Anak-anak pada dasarnya adalah golongan yang beresiko tinggi karena kecenderungan bermain serta berlarian di atas tanah yang sudah terkontaminasi. Cacing tambang dewasa memiliki panjang yang mencapai 13 meter. Cacing ini bisa menembus kulit yang tidak memakai alas kaki. sebagian besar infeksi dari cacing ini menimbulkan gejala, namun ada pula yang tidak menimbulkan gejala apapun.

Cacing Kremi Juga Merupakan Jenis Yang Sering Menyebabkan Cacingan Pada Anak

Ketiga, cacing kremi. Cacing kremi mempunyai warna putih serta halus. Cacing ini mempunyai panjang kurang lebih 5 hingga 13 meter. Infeksi cacing kremi banyak dialami oleh anak di usia sekolah, apalagi telur cacing kremi mudah menyebar. Infeksi cacing kremi biasanya dikarenakan oleh menghirup telur cacing atau menelan telur cacing yang begitu kecil. Bisa dari minuman, makanan. nantinya telur akan memasuki usus serta berkembang dalam beberapa minggu. Untuk mengatasi infeksi cacing kremi, dokter akan memberi obat bukan hanya pada penderita namun untuk seluruh keluarga.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Dan Makanan Dapat Mencegah Sakit Cacingan Pada Anak

Lantas, bagaimana cara mengatasi cacingan pada anak? salah satu cara efektif mencegah penyakit seperti cacingan adalah menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. Selain itu terdapat beberapa langkah lain yang bisa menangkal infeksi cacing seperti memilih daging yang segar, dan menyimpan daging dengan baik, selain itu cuci tangan secara teratur lebih-lebih setelah buang air besar. Anda bisa mencuci tangan menggunakan Lifebuoy.

Referensi Artikel Jenis Cacing Yang Menyebabkan Cacingan Pada Anak:
http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1325984/yuk-kenalan-lebih-dekat-dengan-penyakit-cacingan-pada-anak