Mengenal Fungsi Dan Jenis Alat Kesehatan

Fungsi dan jenis Alat Kesehatan bisa menjadi topik yang penting yang dibicarakan banyak orang ditengah – tengah gencarnya pemerintah mengeluarkan dana kesehatan di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia. Banyak distributor alat kesehatan yang bermunculan untuk melayani banyaknya permintaan akan alat – alat medis baik di rumah sakit swasta atau milik pemerintah. Namun pada kesempatan ini kita tidak akan membahas soal bisnis ini. Kita akan membahas dan mengenal jenis – jenis alat medis yang ada di rumah sakit.

fungsi dan jenis alat kesehatan

Fungsi Dan Jenis Alat Kesehatan di Rumah Sakit

1. Alat Elektromedik

Jenis pertama dari alat – alat kesehatan di Rumah Sakit adalah yaitu alat Elektromedik. Apa itu alat Elektromedik ? Yaitu jenis alat kesehatan yang berhubungan atau bekerja dengan menggunakan listrik. Atau bisa juga berarti alat – alat medis yang salah satu komponen penyusunnya menggunakan perangkat elektronik. Contoh alat ini ada banyak sekali, salah satu contohnya adalah. EKG ( Elektrokardiograf), yaitu alat kesehatan yang berfungsi untuk menganalisa kelainan jantung, khususnya pada aritma jantung.

2. Non Elekromedik

Kalau tadi kita sudah mengetahui alat Elektromedik. Sekarang pasti anda tahu apa yang dimaksud alat Non Elektromedik. Tentu saja ini adalah kebalikan dari alat yang pertama.  Yaitu semua alat – alat medis yang tidak menggunakan tenaga listrik atau tidak berhubungan dengan listrik. Contohnya lebih banyak lagi dari jenis alat Elektromedik. Alat non Elektromedik didominasi oleh bahan – bahan habis pakai. Seperti alat suntik, perlengkapan infus, masker oksigen, dan lain sebagainya.

3. Diagnostic In Vitro

Satu lagi jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit atau klinik yaitu dari jenis produk Diagnostic In Vitro. Apa itu ? Yaitu berbagai macam alat – alat medis yang berfungsi untuk mendiagnosa penyakit atau menganalisis sample yang dibutuhkan untuk menguatkan diagnosa dari dokter. Contohnya seperti Chemistry Analyzer atau Photometer. Alat ini berfungsi untuk menganalisa unsur – unsur kimia dalam darah. Seperti glukosa, kolesterol, asam urat dan sejenisnya. Meskipun sudah banyak sekali toko alat kesehatan yang jual Photometer murah, namun sampai saat ini ada pusat pelayanan kesehatan yang belum memiliki alat ini.

Nah demikian tadi ulasan singkat mengenai fungsi dan jenis alat kesehatan yang ada di rumah sakit. Khusus bagi anda yang membutuhkan informasi tentang harga alat – alat kesehatan yang paling update, anda bisa kunjungi www.alkes.me. Distributor Alat Kesehatan lengkap dan terpercaya di Indonesia.