Ini Dia Waktu Shalat Hajat yang Tepat dan yang Dilarang

Pada dasarnya, shalat hajat adalah salah satu dari shalat sunnah yang dikerjakan disaat seseorang mempunyai keinginan dan hajat. Dengan mengerjakan sholat inilah, maka semua hajat dan keinginan bisa terkabulkan dengan cepat. Jadi, bisa dibilang bahwa keinginan orang saat melakukan shalat ini bisa diwarnai dari beraneka ragam latar belakang. Entah itu dari ingin mendapatkan jodoh segera, ingin bebas dari semua masalah, dan keinginan dari beberapa hal yang lainnya. Selanjutnya, untuk waktunya sendiri juga ada sendiri. Meskipun sebenarnya dalam waktu pengerjaannya itu bisa dilakukan kapan saja saat Anda sempat melakukannya, yaitu bisa disiang hari ataupun di malam hari. Namun banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk melakukannya adalah di waktu 1/3 dari malam terakhir, yaitu dari jam 1 pagi sampai dengan jam 5 pagi. Sementara waktu yang dilarang untuk melakukan sholat ini adalah sebagai berikut ini:

• Waktu syuruq, ini adalah waktu saat matahari sudah mulai terlihat terbit sampai dengan setinggi ombak, waktu ini biasanya berlaku sampai dengan 15 menit.
• Waktu zhahirah, ini merupakan waktu saat matahari tepat di tengah langit. Jadi, waktu ini adalah saat Anda berdiri, dan bayangan Anda tidak terlihat saat terinjak oleh Anda, maka Anda jangan melakukan shalat hajat ini. Ini adalah waktu sebelum sholat dhuzur ini tiba.
• Ini adalah waktu saat matahari mulai terbenam sampai waktu terbenamnya semuanya. Waktu ini adalah beberapa saat, selama 15 menit sebelum sholat magrib.

Itu tadi adalah sedikit pemaparan dari waktu untuk melakukan shalat hajat yang bagus dan yang dilarang. Namun, satu hal yang wajib diingat bahwa kapan saja, sebenarnya Anda bisa melakukannya disaat Anda sempat untuk melakukannya. Yang terpenting adalah Anda harus benar – benar khusyu’ saat melakukannya. Selain itu, yang paling baik untuk melakukan sholat ini adalah di waktu sepertiga dari malam terakhir setelah Anda melakukan sholat tahajud. Sehingga, di waktu tersebut Anda bisa benar-benar fokus dengan apa yang Anda inginkan dan hajatkan.