Solusi Jika Konstruksi Dengan Kayu Jati Sangat Mahal

Mahalnya bahan pokok untuk bahan baku utama pembuatan furniture kayu membuat para pengrajin dan konsumen berfikir ulang, kenapa banyak sekali furniture dengan kayu yang bagus namun harganya juga selangit Ya iya lah, yang namanya barang bagus, kualitas bagus ya harus harganya juga bagus alias tinggi, misalnya saja di daerah jepara di jawa tengah adalah pusat kota ukir di indonesia, sebagian warga yag bergerak di bidang ini mengusung usaha dengan menjual karya dengan bahan baku kayu, mereka terbiasa menggunakan bahan baku kayu jenis kayu jati, untuk bahan baku lainnya juga ada beberapa yang di gunakan, yaitu bahan kayu mahoni.

 

 

 

 

Ada puluhan bahan baku yang biasa di gunakan untuk produksi barang mebel/ furniture. Namun tak luput dari itu semua, para pengrajin juga di repotkan untuk terus berfikir bagaimana supaya usaha mereka tetap laris di perdagangan, nasional maupun internasional karena bahan baku pokok utama yaitu kayu khususnya untuk type jati, harganya masih sangat mahal, untuk top tabel kayu biasa dengan ukuran tebal 3cm dan panjang 1 meter saja masih seharga 2 jutaan.

Harga yang tinggi juga sangat memumpuni dengan kualitas yang sangat baik, karena kualitas memang tidak menghianati hasil. kayu jati memang terbilang sangat mahal karena kualitas selain awet kayu ini tumbuhnya memang sangat lama, dan juga jika dipahat, tekstur kayu ini sangat baik, nah lalu hal apa yang dapat kita lakukan untuk mensiasati supaya produk furniture tetap berjalan??? beberapa jenis kayu akhir akhir ini menjadi sangat laris sebagai bahan baku pengganti kayu jati, yaitu kayu trembesi, kayu trembesi terbilang jenis kayu yang sangat ampuh sebagai pengganti jenis bahan baku kayu  jati, harganya yang murah membuat furniture dengan kayu jenis ini banyak di cari, contohnya Meja Trembesi, meja makan  dengan jenis ini memang murah, bayangkan saja, meja dengan tebal 10cm dan panjang hingga 2M hanya seharga 10 jutaan, bayangkan saja dengan kayu jati yang bahkan bisa hingga seharga 50 jutaan.