Aneka Ragam Desain Furniture Kayu Palet

Palet kayu, secara umum lebih sering dijumpai ketika berada di pelabuhan, yaitu peti kemas. Mengapa demikian? Jenis kayu ini memang berfungsi menjadi packaging ekspedisi. Namun, dengan adanya kreativitas, kayu palet yang berkesan industrial diubah menjadi aneka pilihan desain furniture kayu palet sehingga berkesan menarik dan cantik. Keunggulan lainnya, penggunaan kayu palet senantiasa mengurangi limbah pada kayu bekas. Beragam furniture bisa dibuat dari kayu palet.

meja kayu

Kayu palet biasanya digunakan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan kegiatan ekspor dan impor dan menggunakannya untuk mengemas barang-barang supaya utuh hingga ke tujuan. Lalu, kemana perginya kayu-kayu palet yang sudah tidak berguna lagi? Sebagai salah satu pilihan agar kayu palet bernilai guna lagi adalah dengan menjadikan kayu-kayu bekas tersebut oleh jepara crafter furniture menjadi desain furniture kayu palet berupa meja dan kursi sehingga bernilai guna kembali. Disaat inilah kreativitas mulai bekerja. Bila telah dirangkai menjadi bentuk sesuai keinginan, maka langkah selanjutnya berupa finishing sesuai selera. Pilihan yang bisa diambil dalam proses ini adalah menggunakan furnishing supaya furniture buatan sendiri tadi bisa lebih mengkilat. Sebaliknya, bisa juga dibiarkan saja nampak lusuh sebagai ciri khas dari gaya interior yaitu shabby chic. Dengan adanya kesan lusuh tadi, maka bisa terkesan jadi furniture antik.

Selain meja dan kursi, palet kayu juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan rak dari kayu sehingga membuat ruangan bernuansa hangat. Rak multiguna yang terbuat dari palet kayu bisa dibuat sendiri sehingga jadi berkesan eksklusif. Perabotan lain dari bahan ini juga bisa dibuat sesuai dengan gaya pada interior rumah, tentunya dengan biaya yang cukup murah. Salah satu perabotan sebagai inspirasi membuat perabotan dari kayu palet adalah ranjang untuk tempat tidur. Bagaimana? Apakah sudah bisa membayangkan?

Demikian beberapa inspirasi dari desain furniture kayu palet yang bisa dipilih. Tentu ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh perabotan dari kayu palet. Pertama, bisa mengurangi limbah bekas kayu. Kedua, harganya lebih terjangkau dibanding dengan membeli bahan kayu baru. Dengan demikian, lebih banyak keuntungan dan keunggulan yang dimiliki oleh perabotan yang terbuat dari kayu palet.