STNK Hilang? Ini Dia Cara Mengurusnya

Contoh Surat – Sama seperti jika Anda kehilangan dokumen berharga pribadi lainnya seperti KTP dan SIM, kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga mungkin bisa membuat Anda pusing tujuh keliling.

Sesuai dengan kepanjangannya, STNK adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas kepemilikan. STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama dan alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, dll.).

Jadi, STNK adalah sinyal kepemilikan yang sah atas satu kendaraan bermotor. Bila STNK Anda hilang, Anda tak akan mempunyai bukti kalau Anda adalah yang memiliki yang sah atas kendaraan bermotor Anda. Serta Anda juga ada peluang juga akan ditilang bila didapati mengemudikan kendaraan bermotor Anda tanpa ada STNK. Anda pasti tidak mau ditilang, bukan? Tidaklah perlu pusing bila Anda kebetulan kehilangan STNK, karna Anda bisa selekasnya mengurusi pergantian STNK itu.

Mengurusi STNK Motor Sendiri

Butuh diingat kalau Anda bisa mengurusi pergantian STNK ini sendiri, tanpa ada butuh memakai jasa calo. Menurut data yang terkumpul termasuk juga dari Divisi Humas Mabes Polri, cost yang perlu di keluarkan untuk pembuatan STNK baru jadi pengganti STNK hilang cuma sekitar Rp50. 000-Rp80. 000, sesaat jika memakai jasa calo dapat berulang-kali lipat.

Diluar itu, waktu Anda akan mengurusi berkas di kantor polisi atau mengurusi pergantian STNK hilang di SAMSAT, baiknya Anda senantiasa membawa alat catat terlebih pena sendiri, yang bertinta hitam. Mungkin saja pihak kepolisian ataupun SAMSAT sediakan alat catat, tetapi tentunya dalam jumlah terbatas hingga Anda mesti mengantre bila menginginkan memakainya untuk isi formulir.

Selanjutnya silahkan simak tata-cara serta sistem pembuatan STNK baru karna STNK lama hilang di bawah ini :

1. Selekasnya buat laporan kehilangan STNK di kantor polisi paling dekat

Demikian Anda ketahui atau mengerti kalau STNK Anda hilang, cepatlah melapor ke kantor polisi (Polres atau Polsek) paling dekat. Disana, Anda juga akan dibuatkan surat info kehilangan, yang nanti mesti Anda bawa untuk sistem pembuatan STNK baru menukar STNK yang hilang.

2. Sediakan berkas kelengkapan jadi kriteria administratif

Menurut info yang ditulis Divisi Humas Mabes Polri dalam akun Facebooknya, untuk mengurusi pergantian STNK yang hilang, Anda butuh menyiapkan kriteria dokumen seperti berikut :

– KTP yang memiliki kendaraan (asli serta foto copy)
– Foto copy STNK yang hilang
= Surat info kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat)
-BPKB (asli serta foto copy)

3. Datang ke Kantor SAMSAT

Bila berkas untuk lengkapi kriteria administratif telah berada di tangan, Anda tinggal membawanya ke Kantor SAMSAT (System Manunggal Satu Atap), yang disebut tempat penerbitan/pengesahan STNK oleh tiga lembaga : Polri, Dinas Pendapatan Propinsi, serta PT Jasa Raharja. Tersebut tata-cara mengurusi pergantian STNK karna hilang di Kantor Samsat :

4. Check fisik kendaraan

Langkah awal yang perlu Anda kerjakan di Kantor SAMSAT adalah check fisik kendaraan Anda sekalian gesek nomor rangka serta mesin. Sesudah usai, hasil check fisik itu supaya difotokopi.

Isi formulir pendaftaran
Yakinkan Anda isi formulir dengan lengkap serta benar, untuk lalu diserahkan ke Loket STNK hilang. Janganlah lupa sertakan berkas kelengkapan administrasi yang telah Anda sediakan.

Mengurusi check blokir (surat info hilang dari SAMSAT)
Yang disebut dengan mengurusi check blokir adalah mengurusi surat info STNK hilang dari SAMSAT, yang diisi info keabsahan STNK berkaitan, umpamanya tidak dalam keadaan diblokir atau dalam pencarian. Untuk ini, Anda mesti menyertakan hasil check fisik kendaraan.

Mengurusi pembuatan STNK baru di Loket BBN II
Untuk mengurusi pembuatan STNK baru jadi pengganti STNK lama yang hilang, Anda mesti menyerahkan semuanya berkas kelengkapan serta surat info hilang dari SAMSAT di Loket BBN (Bea Balik Nama) II.

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor
Ini dikerjakan bila Anda belum juga membayar pajak tahunan untuk kendaraan bermotor Anda. Bila Anda telah membayar cost pajak ini, jadi bebas cost pajak.

Membayar cost pembuatan STNK baru
Cost untuk penerbitan STNK yang tercantum dalam Type serta Tarif atas Penerimaan Negara Bukanlah Pajak Polri berdasar pada PP No. 50 th. 2010 adalah seperti berikut :

Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum  Rp50. 000

Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih             Rp75. 000

Pengesahan STNK                       Rp0

5. Ambil STNK serta SKPD

Bila semuanya langkah telah usai dikerjakan, Anda tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke sisi pengambilan STNK baru serta tunggulah panggilan untuk ambil STNK serta SKPD (Surat Ketentuan Pajak Daerah) yang telah jadi.

Jadi langkah antisipasi, baiknya Anda buat salinan atau foto copy surat-surat bernilai Anda seperti KTP, SIM, STNK, BPKB serta senantiasa Anda taruh dalam arsip bila setiap saat dibutuhkan, umpamanya dalam masalah kehilangan STNK ini.

Tetapi, bagaimana bila STNK Anda telah terlanjur hilang sesaat Anda belum juga pernah buat salinan atau fotokopinya? Serta bagaimana bila kendaraan bermotor Anda tetap dalam status belum juga lunas dengan kata lain masih tetap credit hingga Anda belum juga memegang BPKB kendaraan itu? Tidaklah perlu kuatir karna ada jalan keluarnya.