Negoisasi akan selalu ada setelah presentasi

Jangan kamu kira kalau presentasi itu berarti perjalananmu langsung mulus. Sesungguhnya, perkara mencari sponsor juga mirip seperti berbelanja sayur di pasar. Setelah menimbang baik buruknya event kamu dalam presentasi, mereka juga berhak menawar benefit apa yang akan mereka dapatkan jika berkontribusi dalam eventmu.

Dalam hal semacam ini, usahakan anda dapat lebih fleksibel dalam mengatur benefit semasing. Terutama pada mereka-mereka yang sudah jadi sponsor tetaplah.

Tetapi jangan pernah panitia momentmu jadi dirugikan. Analisa untung rugi tetaplah mesti anda mainkan dengan lihai di step ini. Sesudah deal, baru anda dapat lega serta pikirkan bagaimana moment bisa jalan dengan tetaplah menggerakkan benefit mereka.

Momentmu juga berjalan serta selesai. Tapi bukanlah bermakna hubunganmu dengan sponsor turut selesai. Supaya gabung di peluang yang lain, bersilahturahmi dengan sponsor mesti dijaga.

Point paling akhir ini tidak kalah perlu dibanding bebrapa point terlebih dulu. Sesudah kerja sama selesai, alangkah sebaiknya tetaplah terkait dengan perusahaan sebagai sponsor. Dengan melindungi baik hubungan, besar peluang bila perusahaan itu jadi sponsor tetaplah moment kita setelah itu. Apabila memiliki kesempatan jadi panitia sekali lagi, pekerjaan anda jadi lebih enteng karna telah mempunyai channel. Apabila anda harusnya pensiun dari kepanitiaan, janganlah lupa untuk mewariskan kontak mereka pada adik-adikmu ya!

Melindungi bersilahturahmi dengan sponsor juga berkemungkinan berikan faedah dalam periode panjang. Anda tidak paham kan bila satu waktu kelak, mereka juga akan memberikanmu penawaran atau bebrapa peluang besar? Ditawari bekerja di perusahaan itu, umpamanya.

Baca Juga: Contoh Proposal Penawaran

Tersebut step rencana itu sangkanya masih tetap dapat jadi kompleks sekali lagi bila anda lakukan. Tapi tidak juga akan ada pengalaman serta ketrampilan yang jadi bertambah bila anda tidak menantang dirimu, bukan? Jadi jangan sampai takut untuk menjajal tempat koordinator usaha dana. Dengan rencana serta rencana masak, sponsor mana sich yg tidak tergoda dengan momentmu? Selamat coba!