Jaringan Area Lokal (LAN)

Yamaha Tom Kipp dan Yamaha YZF750R

Jaringan Area Lokal (LAN)

BACA JUGA : Beli Pulsa Online

Jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas atau gedung perkantoran. [1] Sebaliknya, wide area network (WAN) tidak hanya mencakup jarak geografis yang lebih luas, namun juga pada umumnya melibatkan sirkuit telekomunikasi yang disewakan.

Ethernet dan Wi-Fi adalah dua teknologi paling umum yang digunakan untuk jaringan area lokal. Teknologi historis termasuk ARCNET, Token ring, dan AppleTalk.

Sejarah
Meningkatnya permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium penelitian di akhir tahun 1960an membuat kebutuhan untuk menyediakan interkoneksi berkecepatan tinggi antar sistem komputer. Sebuah laporan tahun 1970 dari Lawrence Radiation Laboratory yang merinci pertumbuhan jaringan “Gurita” mereka memberi indikasi yang baik mengenai situasi tersebut.

Sejumlah teknologi LAN komersial eksperimental dan awal dikembangkan pada tahun 1970an. Cambridge Ring dikembangkan di Cambridge University mulai tahun 1974. [4] Ethernet dikembangkan di Xerox PARC pada tahun 1973-1975,  dan diajukan sebagai Paten A.S. 4.063.220. Pada tahun 1976, setelah sistem tersebut digunakan di PARC, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan sebuah makalah mani, “Ethernet: Distributed Packet-Switching for Local Computer Networks”. [6] ARCNET dikembangkan oleh Datapoint Corporation pada tahun 1976 dan diumumkan pada tahun 1977. Ini memiliki instalasi komersial pertama pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank di New York.

Perkembangan dan proliferasi komputer pribadi dengan menggunakan sistem operasi CP / M pada akhir 1970-an, dan kemudian sistem berbasis DOS yang dimulai pada tahun 1981, berarti bahwa banyak situs berkembang menjadi puluhan bahkan ratusan komputer. Kekuatan pendorong awal untuk jaringan pada umumnya adalah untuk berbagi penyimpanan dan printer, yang keduanya mahal pada saat itu. Ada banyak antusiasme untuk konsep ini dan selama beberapa tahun, dari sekitar tahun 1983 dan seterusnya, pakar industri komputer secara teratur akan mengumumkan tahun yang akan datang, “Tahun LAN”.

Dalam prakteknya, konsep ini dirusak oleh proliferasi lapisan fisik dan protokol jaringan yang tidak kompatibel, dan sejumlah besar metode untuk berbagi sumber daya. Biasanya, masing-masing vendor memiliki jenis kartu jaringan, kabel, protokol, dan sistem operasi jaringan. Sebuah solusi muncul dengan munculnya Novell NetWare yang memberikan dukungan bahkan untuk puluhan jenis kartu / kabel yang bersaing, dan sistem operasi yang jauh lebih canggih daripada kebanyakan pesaingnya. Netware mendominasi bisnis LAN komputer pribadi sejak awal setelah diperkenalkan pada tahun 1983 sampai pertengahan 1990an saat Microsoft memperkenalkan Windows NT Advanced Server dan Windows for Workgroups.

Dari pesaing ke NetWare, hanya Banyan Vines yang memiliki kekuatan teknis yang sebanding, namun Banyan tidak pernah mendapatkan basis yang aman. Microsoft dan 3Com bekerja sama untuk menciptakan sistem operasi jaringan sederhana yang membentuk basis 3Com’s 3 + Share, Microsoft LAN Manager dan IBM’s LAN Server – namun tidak satu pun yang berhasil.

BACA JUGA : Agen Pulsa Murah

Selama periode yang sama, workstation Unix menggunakan jaringan TCP / IP. Meskipun segmen pasar ini sekarang jauh berkurang, teknologi yang dikembangkan di bidang ini terus berpengaruh di Internet dan di jaringan Linux dan Apple Mac OS X – dan protokol TCP / IP telah menggantikan IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lainnya. digunakan oleh PC LAN awal.