3 Alat untuk Memasang Parket Kayu Lantai

Memasang lantai kayu bisa juga anda lakukan sendiri dan itu sangat mudah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan para produsen yang menjual lantai kayu memberikan kemudahan bagi konsumen untuk pemasangannya sendiri karena bentuk yang dibuatnya. Meski demikian, tetap saja dibutuhkan kesabaran serta energi supaya lantai kayu yang anda pasang sendiri tetap menampilkan keindahan sehingga lantai nampak memiliki nilai estetika. Supaya anda bisa memasang lantai kayu sendiri, tentunya ada tahapan-tahapan serta alat yang mendukung  untuk pemasangan lantai kayu tersebut supaya melekat kuat dan erat dengan sempurna.

Saat anda membeli parquet kayu, maka anda harus mempertimbangkan apakah kayu yang dijual itu asli atau memiliki garansi. Bila anda memiliki keraguan dalam pemasangannya, maka anda bisa mencari tukang untuk memasang lantai kayu tersebut dan jika tidak memiliki garansi maka lantai kayu yang telah anda beli tentu tidak akan bisa dikembalikan lagi. Untuk melakukan pemasangan lantai kayu sendiri, maka anda harus perhatikan tahapan-tahapan berikut.

Periksa kekuatan dan kerataan dari lantai dasar. Bila ada lantai yang terasa kurang kokoh, maka anda bisa memperkokohnya dan bila ada yang belum rata tentunya harus diratakan. Untuk melakukannya diperlukan alat yang mendukungnya. Anda gunakan dempul untuk melakukan perataan dari lantai dasar yang belum rata tersebut.

Metode yang dipakai dengan menggunakan blind-nailing, yaitu metode menyembunyikan paku dengan menggunakan papan. Lalu untuk lidah dan pembatas akan mendorong paku di sudut 45 derajad melalui lidah dan menyembunyikannya dengan menyesuaikan alur dari papan berikutnya. Pastika sudut yang menjadi awal pemasangan di bawah permukaan kayu tersebut berfungsi untuk mencegah adanya gangguan di sendinya.

Menggunakan underlyr, yang digunakan untuk memasang lantai kayu untuk lantai kayu flooring yang lebarnya antara 7 – 12 cm. Biasanya pemasangan lantai kayu tersebut dilakukan untuk daerah yang tingkat kelembabannya tinggi. Namun untuk jenis kayu laminated untuk persiapan landasannya cukup dengan menggunakan plester saja dengan catatan landasan lantainya tidak bergelombang.

Itulah 3 alat dan cara untuk memasang lantai  parket kayu yang harus anda siapkan sebelum memulai pemasangan lantai kayu di rumah anda. Semoga bermanfaat.