Review Mesin Absensi Karyawan Innovation

Dari waktu ke waktu, perangkat elektronik yang digunakan pada berbagai bidang usaha semakin berkembang. Salah satunya adalah dalam penggunaan mesin untuk memonitor absensi karyawan. Setelah sebelumnya sistem absensi menggunakan sistem manual, kini sistem pada mesin kehadiran pegawai dibuat lebih canggih sehingga tidak dapat diakali. Teknologi tersebut adalah dengan menggunakan teknologi biometric yang salah satunya di aplikasikan pada mesin pengenal sidik jari. Lalu, apa contoh produk yang menerapkan teknologi yang sulit diakali ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Review Produk Absensi Karyawan Dari Berbagai Segi

Pada dasarnya, perangkat yang digunakan untuk memantau absensi karyawan tidak hanya menggunakan sistem pengenal sidik jari saja. Sistem pengenal sidik jari merupakan salah satu bentuk implementasi teknologi biometric yang umum digunakan dan lebih murah. Pada tingkat yang lebih canggih dari pengenal sidik jari, teknologi biometric di aplikasikan untuk mengidentifikasi dan memverifikasi suatu gambar tiga dimensi. Fitur inframerah untuk mengenali iris dan pola pembuluh darah pada mata juga merupakan salah satu bentuk implementasi teknologi biometric.

Di negara-negara yang lebih maju, teknologi ini bahkan diolah kembali agar mampu mengenali irama suatu sistem suara. Namun, tentu saja hal ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan sistem biometric sederhana seperti pada sidik jari.

Di Indonesia sendiri, teknologi biometric diaplikasikan masih pada batas penggunaan sidik jari dan infrared kamera yang mampu mendeteksi wajah meskipun dalam keadaan gelap. Produk-produk dari innovation merupakan yang paling banyak dipilih oleh kalangan konsumen produk software absensi karyawan. Produk-produk dari Innovation ini juga tersedia dalam berbagai macam spesifikasi. Sebagai contoh, untuk produk seperti Innovation FF308, mesin yang memiliki fitur standalone ini berguna sebagai mesin absensi sekaligus sebagai akses control ke suatu area. Hal ini berbeda dengan Innovation F1 yang tidak mendukung akses control pintu dan khusus dirancang sebagai mesin absensi.

Selain memiliki tipe dan fungsi yang berbeda-beda, satu mesin attendance Innovation dengan lainnya juga memiliki kapasitas yang belum tentu sama. Contohnya, Innovation RF700 yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai time attendance dan access control sama seperti Innovation RF588 tetap berbeda dalam hal ketersediaan kapasitas. RF588 dari Innovation memiliki kapasitas sidik jari 3000 sedangkan RF700 berkapasitas sidik jari 10.000.

Dalam hal spesifikasi bukan hal yang mengherankan bahwa RF700 lebih unggul karena mesin ini merupakan inovasi dan upgrade terbaru dari produk-produk sebelumnya termasuk RF588. Walau begitu, keduanya sama-sama memiliki model dan desain yang kokoh sehingga akan tetap bagus untuk diinstall pada kantor atau perusahaan Anda.

Setiap produk mesin absensi karyawan dari Innovation telah teruji kualitas dan fungsinya sehingga Anda sebagai konsumen tidak perlu khawatir. Ketika membeli produk RF700 misalnya, fitur-fitur yang akan disertakan diantaranya media/kabel koneksi ke computer, weigend port, TFT LCD dan speaker, Access control, serta fitur standar seperti RFID Proximity reader, USB flashdisk, aplikasi absensi, dan sebagainya. Aplikasi yang terinstall pada alat juga masih memiliki fitur-fitur seperti pengatur data karyawan, penghitung otomatis kehadiran, penghitung formula gaji, dan sebagainya.

Bagaimana dengan satuan harga produk-produk Innovation tersebut? Anda tidak perlu khawatir karena harga untuk masing-masing tipe mesin kehadiran karyawan tersebut selaras dengan kualitas yang diberikan. Untuk produk terbaru seperti RF700, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 5,5 jutaan. Sementara itu, untuk produk yang lebih sederhana seperti Innovation F1, harga yang harus dibayar sekitar Rp 3jutaan. Jika beruntung membeli produk promo, Anda bisa mendapatkan produk pengolah absensi karyawan dengan harga lebih murah.